Australia Izinkan Ponsel di Pesawat

PERTH – Meskipun beberapa waktu lalu, Pesawat Qantas mengalami pendaratan darurat, yang di duga karena penggunaan alat yang mengandung alat elekromagnetik, seperti ponsel, di dalam pesawat. Kenyataannya tidak membuat Komisi Komunikasi dan Media Australia (ACMA) melarang penggunaan ponsel di dalam pesawat.

Keputusan ACMA bukan tanpa dasar. Menurut mereka, pada tahun 2007 lalu Australia menjadi yang terdepan di dunia dalam penggunaan teknologi yang mampu menciptakan ponsel GSM yang bisa dipakai di dalam pesawat, bahkan mereka meyakini itu tidak akan menganggu alat navigasi.

“Ini merupakan sebuah kemajuan yang diperkenalkan bagi regulasi penggunaan ponsel yang dapat digunakan di dalam pesawat, tanpa campur tangan jasa telekomunikasi,” ucap Chris Chapman, Chairman ACMA.

ACMA menambahkan bahwa teknologi tersebut merupakan hasil dari penyedia ponsel Jerman, Jammer, mereka mengembangkan teknologi pico yang digunakan di ponsel, sehingga mampu di bawa ke dalam pesawat, meskipun pesawat tersebut sudah melakukan penerbangan.

Dilansir dari Celluler News, Rabu (15/10/2008), teknologi sudah di uji cobakan sejak 18 bulan yang lalu, dan sukses besar, ini terbukti dengan tidak adanya kompalin yang dialami oleh pengguna ponsel ini kepada ACMA.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Komisi Penyidik Transportasi Australia mengatakan mereka telah melakukan pengecekan terhadap komponen pesawat yang celaka tersebut. Dan pihaknya mengungkapkan salah satu alat elektromagnetik yang menyebabkan alat navigasi pilot terganganggu. Kemungkinan besar perangkat itu adalah ponsel atau laptop.

Bahkan peneliti menyebutkan komputer dan ponsel memang sangat berbahaya bila dinyalakan di atas pesawat, bahkan sudah ada larangan penggunaan alat elektronik ketika pesawat tersebut sedang berada di ketinggian 3000 kaki. Namun, tentu saja pengecualian untuk ponsel yang direkomendasikan oleh ACMA tersebut. (srn)

Sumber: Okezone

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: